Langsung ke konten utama

Yosua mengenakan pakaian yang kotor

Yosua mengenakan pakaian yang kotor
Yosua mengenakan pakaian yang kotor.

Dalam Zec 3:3 disebutkan bahwa Imam Besar Yosua mengenakan pakaian yang kotor pada waktu berdiri di hadapan Malaikat. Artinya adalah keimaman dinodai oleh kotornya dosa. Jadi betapa tidak layaknya seorang imam mencoba berdiri di hadapan Malaikat Tuhan yang kudus.

Dalam Zec 3:4 disebutkan bahwa Malaikat memberikan perintah kepada orang-orang yang melayaninya: "Tanggalkanlah pakaian yang kotor itu dari padanya." Dan kepada Yosua ia berkata: "Lihat, dengan ini aku telah menjauhkan kesalahanmu dari padamu! Aku akan mengenakan kepadamu pakaian pesta."

Artinya, imam besar Yosua tidak berdaya untuk memulihkan keadaannya, dia tidak dapat berbuat apa-apa untuk membersihkan dirinya sendiri. Pembersihan pakaian melambangkan pengampunan, penerimaan dan pendudukan kembali jabatan imam.

Dalam Zec 3:5 disebutkan bahwa Malaikat kemudian berkata: "Taruhlah serban tahir pada kepalanya!" Maka mereka menaruh serban tahir pada kepalanya dan mengenakan pakaian kepadanya, sedang Malaikat TUHAN berdiri di situ.

Artinya, perintah itu mencakup pembersihan sepenuhnya serta pengenaan pakai imam (seperti pakaian imam Harun).

Dalam Zec 3:8 dinyatakan bahwa imam besar Yosua merupakan suatu lambang dari Hamba Tuhan, yakni Sang Tunas. Artinya, imam besar Yosua merupakan suatu lambang dari Mesias.

Dalam Zec 3:9 juga ada disebutkan mengenai permata yang bermata tujuh dengan ukiran di atasnya dan Allah akan menghapuskan kesalahan negeri ini dalam satu hari saja.

Permata (batu yang dibuang oleh tukang bangunan telah menjadi batu penjuru) adalah nama lain dari Mesias. Ukiran di atasnya berarti suatu keindahan, anugerah dan karunia dari Sang Mesias.

Allah akan menghapuskan kesalahan negeri ini dalam satu hari saja. Artinya, melalui karya Mesias, Allah akan menghapuskan kesalahan Israel sekali untuk selamanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa Daniel, Hananya, Misael dan Azarya harus ganti nama? Apa arti nama mereka?

Kenapa Daniel, Hananya, Misael dan Azarya harus ganti nama? - Tafsiran Wycliffe. Orang Babel memberi nama baru untuk Daniel dan teman-temannya. Kenapa Daniel, Hananya, Misael dan Azarya harus ganti nama? Apa arti nama mereka?

4 Binatang dalam Kitab Daniel 7

Dalam Daniel 7, nabi Daniel mendapat penglihatan ada 4 binatang besar naik dari dalam laut, yaitu yang seperti singa dengan sayap burung rajawali, kemudian yang seperti beruang.

Huruf T Pada Dahi Orang Yerusalem

Tafsiran Wycliffe Huruf T Pada Dahi Orang Yerusalem. Dalam dalam penglihatan ilahi, Yehezkiel yang diangkat dalam Roh ke Yerusalem melihat malaikat-malaikat yang harus menjalankan hukuman atas kota Yerusalem dan yang berpakaian lenan harus membuat tanda pada dahi orang-orang tertentu supaya tidak dihukum.